Jumat, 22 November 2013

POKOK – POKOK KONSTRUKSI KAPAL


POKOK – POKOK KONSTRUKSI KAPAL





POKOK – POKOK KONSTRUKSI KAPAL

Selasa, 26 Maret 2013



Konstruksi Kapal

Persoalan utama dalam konstruksi kapal ialah membuat suatu konstruksi yang kokoh dan kuat dengan berat konstruksi yang seringan-ringannya. Karena dengan kontruksi yang kuat tetapi ringan, maka kita akan mendapatkan daya muat yang besar sehingga hal ini akan menguntungkan, yaitu pada kapal niaga akan dapat mengangkut muatan yang lebih besar, sedangkan pada kapal perang akan memungkinkan penambahan kecepatan kapal dan jarak jelajah kapal akan menjadi lebih besar.

Kontruksi kapal harus dibuat kuat dan kokoh sehingga dapat menahan / mengatasi gaya dialami oleh kapal pada waktu berlayar. Untuk itu maka kontruksi lambung kapal dibuat (disusun) merupakan suatu kerangka yang terdiri dari :

1. Kekuatan hubungan melintang ialah bagian lambung kapal yang membantu kekuatan melintang kapal. Misalnya : Gading-gading, balok geladak, dinding kedap air.
2. Kekuatan hubungan memanjang ialah lambung kapal yang membantu kekuatan memanjang kapal. Misalnya : Lunas, penguat dasar memanjang, menguat kulit.
3. Kekuatan hubungan melintang/memanjang ialah bagian lambung kapal yang membantu kekuatan melintang maupun memanjang kapal. Misalnya : Plat kulit, plat geladak.

BAGIAN-BAGIAN UTAMA LAMBUNG KAPAL.

1. KEEL (lunas). Lunas adalah bagian lambung kapal yang terpenting, karena lunas ini merupakan penguat memanjang yang terletak ditengah-tengah kapal, dan semua bagian kontruksi yang lain secara langsung ataupun tidak dihubungkan dengan lunas ini. Umumnya lunas ini dibuat dari tiga buah plat yang dilas satu dengan yang lain, sehingga merupakan profil I, bagian dari bawah profil I ini disebut plat lunas atau keel plate, yang merupakan plat dasar tengah, sedang pada kapal besar plat ini merupakan penguat sedang plat dasar tengah dipasang dibawahnya. Bagian yang tegak dari profil I inidinamakan lunas tegak atau vertikal keel sedang bagian atas dinamakan plat rider atau rider plate.

2. GADING-GADING (Frame). Gading-gading merupakan kerangka dari lambung kapal, kulit kapal dilekatkan pada gading ini dengan keeling atau las. Menurut biro klasifikasi jarak dari gading ini satu dengan yang lain maximum adalah 0,5 meter. Gading-gading biasanya dibuat dari profil siku (L) ada juga yang dibuat dari profil siku dengan bulb (L) atau profil T.

3. DINDING KEDAP AIR (water tight bulk head). Yang dimaksud dengan kedap air ialah kedap terhadap air dibawah pengaruh suatu tekanan tertentu.

Gunanya dinding kedap air ialah :
a. Untuk membatasi (melokalisir) kebocoran dalam suatu ruangan jangan sampai mengalir keruangan lain.
b. Untuk membatasi (melokalisir) bahaya kebakaran.
c. Untuk memberikan kekuatan melintang pada kapal.
Setiap kapal minimum harus mempunyai 4 buah dinding kedap air yaitu :

  • Dinding Pelanggaran. Dinding ini merupakan dinding kedap air pertama dibelakang linggi haluan. Jarak antara dinding pelanggaran dengan tinggi : haluan diukur pada garis muat tidak boleh kurang dari 1/20 LOA (panjang seluruh). Kontruksi dari dinding ini dibuat lebih kuat dan lebih berat dibandingkan dengan dinding kedap air lainnya, karena dinding pelanggaran ini dimaksudkan untuk membatasi kerusakan atau kebocoran pada waktu kapal tabrakan.
  • Dinding kedap air didepan kamar mandi.
  • Dinding kedap air dibelakang kamar mandi.
  • Dinding kedap air buritan (after peak bulk head). Ditambah jumlah sesuai dengan kebutuhan, tergantung pada panjang kapal. Pada kapal pengangkut zat cair (tanker) selain terdapat dinding kedap air melintang (transvere bulk head) terdapat pula dinding kedap air memanjang (longitudinal bulk head).

GELADAK DAN SUSUNAN GELADAK.

Selain dibagi secara melintang oleh dinding kedap air, maka lambung kapal juga dibagi secara mendatar oleh geladak. Jumlah geladak tergantung pada ukuran kapal. Geladak dikapal dagang diberi nama tertentu, sedangkan pada kapal perang geladak diberi nama dengan huruf besar. Geladak utama (main deek) ialah geladak yang dipasang mulai dari buritan sampai haluan dengan tidak terputus-putus. Geladak utama ini adalah geladak yang paling penting dan diberi tanda dengan huruf H. Geladak dibawah geladak utama diberi tanda berurut kebawah dengan huruf J.K.L.M. dan seterusnya (huruf I dan O tidak digunakan) geladak diatas geladak utama diberi tanda berturut-turut keatas dengan huruf G.F.E.D. dan seterusnya. Gunanya geladak dibuat melengkung keatas ialah memperkuat kontruksi dan supaya bila ada air diatas geladak dapat mudah mengalir ketepi untuk mempercepat pembuangan. Plat geladak secara melintang ditumpu oleh balok geladak (deck beam) dari secara memanjang ditumpu oleh penguat geladak memanjang (deck ginder). Balok geladak dan deck ginder ini dibuat dari bahan yang sama dengan gading-gading.

DASAR GANDA (double bottom)

Dasar ganda merupakan geladak dari sebuah kapal dan gunanya ialah untuk membatasi bahaya kebocoran bila kapal mengalami kebocoran dari bawah. Ruang dibawah dasar ganda (double bottom spare) digunakan sebagai tangki bahan bakar maupun tangki air tawar, karena itu dasar ganda ini juga di sebut tank top. Dasar ganda ini dipasang mulai dari dinding pelanggaran sampai dinding kedap air buritan dan lebarnya ialah 0,8 lebar kapal. Bila didalam kapal terdapat dua tangki yang berbeda isinya maka diantara kedua tangki tersebut harus dipasang tangki pemisah (Cofferdam). Cofferdam ini gunanya ialah mencegah tercampurnya dua jenis zat cair yang berbeda bila terjadi kebocoran pada salah satu tangki. Juga sebagai daya apung cadangan.


sumber :http://pelaut-lusiana.blogspot.com

Soal dan jawaban UKP Bangunan kapal dan Stabilitas

BANGUNAN DAN STABILITAS KAPAL

1. Terangkan bagaimana cara memberi nomor pada gading2 (frames) kapal !
jawab :

Cara memberi nomor pada gading2 (frames) kpl, antara lain :

  • gading2 biasanya diberi nomor dari belakang ke depan yang dimulai dari gading nol (gading2 buritan)
  • gading2 sebelah depan (gading2 nol) diberi nomor urut 1,2,3,4,dst dengan tanda (+) sedang
  • gading2 dibelakang (gading2 nol) diberi nomor urut 1,2,3,4,dst dengan tanda (-)/dengan huruf abjad kecila,b,c,d,dst

2. Double bottom :
  • apakah kegunaannya
  • bagaimana ketentuan solas 74 mengenai double bottom
jawab :
kegunaan double bottom,antara lain :
  • bila kapal kandas & mengalami kebocoran masih ada dasaryang kedap air
  • sbg ruangan muatan cair : air tawar,bahan bakar,ballast,dsb
  • membantu stabilitas kapal
  • menambah kekuatan melintang kapal

- ketentuan solas 74 mengenai double bottom,
antara lain :
  • panjang kapal 50 m & kurang dari 61 m harus dipasang dasar berganda paling sedikit dari sekat didepan KM s/d sekat ceruk depan/ sejauh dapat dilaksanakan sedekat mungkin dengan sekat tersebutp
  • panjang 61 m (200 ft) & kurang dari 76 m (249 ft) hrs dipasang dasar berganda paling sedikit dari sekat2 kamar mesin diteruskan sampai ke sekat ceruk haluan & sekat ceruk buritan
  • untuk kapal yang panjangnya 76 m (249 ft)/lebih harus dipasang dasar berganda dari sekat ceruk haluan sampai sekat ceruk buritan
  • bila dasar berganda diharuskan u/dipasang, maka tingginya ditentukan/atas persetujuan pemerintah & dasar dlm diteruskan sampai ke sisi lambung sehingga dapat melindungi dasar kapal sampai ke, lengkungan got (bilge) perlindungan ini dianggap memenuhi syarat bila garis potong antara lempeng samping(margin plate) dengan lajur samping (bilge strake) tidak lebih rendah dari 1 bidang datar yang melalui titik potong garis gading dengan lunas dimana garis diagonal tsb membentuk sudut 25° dengan alas & memotong bidang simetri pada setengah lebar kapalterbesar
  • got pengering (drain well) yang dibuat dalam dsr berganda yg digunakan u/mengeringkan palka/ruang muat,dll tdk boleh lebih rendah dari yang diperlukan
  • dasar berganda diperlukan kompartemen2 kedap air yang berukuran sedang khusus di pergunakan u/mengangkut minyak & yang melakukan pelayaran internasional jarak dekat secara teratur
  • bagi kapal yang mempunyai kompartemen2 yang kedap air yg berukuran sedang khusus di pergunakan u/mengangkut minyak & yang melakukan pelayaran internasional jarak dekat secara teratur

3. Jelaskan pengertiaan dari :
1. GRT (gross register ton).
2. NRT (netto register ton).
3. TPC (ton per centimeter).
4. FWA (fresh water allowance).
5. DWA (Dock water allwance).
6. LOA (length over all).
7. LBP (length between perpendicular).
8. lambung bebas (free board).
9. berat benaman (displacement).
10. bobot mati (DWT – dead weight tonnage).
11. sarat kapal. 12.
jawab :

1. GRT (gross register ton) adalah volume/isi sebuah kapal dikurangi dengan isi sejumlah ruangan tertentu uk
keamanan kapal (deducted spaces).
2. NRT (netto register ton) a/volume/isi sebuah kapal dikurangi dengan jumlah isi ruangan2 yg tidak dapat dipakai u/mengangkut muatan.
3. TPC (ton per centimeter) adalah bobot dalam ton yg diperlukan untuk merubah draft kapal sebesar 1 cm .
4. FWA (fresh water allowance) adalah besarnya perubahan sarat kapal yang terjadi jika kapal yang mengapung disuatu perairan laut yang memiliki berat jenis 1025 kg/m³,berpindah tempat ke perairan yang memiliki berat jenis1000 kg/m³/sebaliknya.
5. DWA (Dock water allwance) a/jarak perpindahan secara otomatis bila kapal berlayar dilaut & memasuki sungai/air.
6. LOA (length over all) adalah jarak membujur kapal dari titik terdepan linggi haluan kapal sampaike titik terbelakang dari buritan kapal diukur sejajar lunas.
7. LBP (length between perpendicular) adalah panjang kapal dihitung dari garis tegak depan sampai ke garis
tegak belakang.
8. lambung bebas (free board) adalah jarak tegak dari garis air sampai geladak lambung bebas/garis deck (deck line).
9. Berat benaman (displacement) adalah jumlah berat kapal & segalanya yang berada pada kapal tsb & dinyatakan dalam ton .
10. Bobot mati (DWT – dead weight tonnage) a/ selisih berat kapal maksimum dikurangi berat kapal kosong (load displacement – light displacement).
11. Sarat kapal (draft) adalah jarak tegak yang diukur dari titik terendah badan kapal sampai garis air (sarat moulded).

Kamis, 21 November 2013

Kumpulan / Koleksi Widget Terbaik untuk Mempercantik Blog Anda

Kumpulan / Koleksi Widget Terbaik untuk Mempercantik Blog Anda


Setiap Blogger pasti menginginkan Blog / Web nya tampil menawan, apalagi untuk blogger pemula seperti saya .Ada beberapa Situs Widget yang selama perjalanan Blogwalking penulis sering temukan dan bisa membuat Blog/ Web Anda semakin tampil indah. Dibawah ini penulis coba kumpulkan beberapa situs yang menyediakan widget tersebut. Semoga kalian menyukainya.

1. Meebo
Fungsinya sebagai Widget Instant Messenger didalam blog / web Anda.


2. Chatbox
Fungsinya sendiri hampir sama dengan Meebo yang berfungsi sebagai Widget Instant messenger Blog Anda


3. Email Me Form
Biasanya dipakai untuk membuat form order / contact us / hal2 yang membutuhkan sebuah kolom Formulir seperti contoh gambar dibawah.


4. 24 Counter
Fungsinya sebagai Widget Online Tracker Visitor baik berbentuk Map atau Hit Counter


5. Bumpin Social Bar
Berfungsi sebagai Toolbar yang berisi kumpulan widget dari social bookmarking sampai Instant Messenger


6. Clocklink
Berisi kumpulan Widget Clock / Jam sangat lengkap koleksinya


7. Feedjit
Fungsinya hampir sama dengan 24 Counter , yaitu berfungsi untuk merecord secara realtime pengunjung ke blog / web Anda


8. LinkWithin
Sebuah widget yang berfungsi sebagai Related Post with Thumbnail atau Artikel Terkait dengan Gambar, sangat berguna sekali


9. Disqus
Sebuah widget yang berfungsi untuk mempercantik tampilan kotak komentar Anda, juga menambah beberapa fitur seperti Reply atau Avatar

10. AddThis
Berfungsi sebagai Widget Bookmark Share yang sangat lengkap, yang hampir mencakup puluhan situs sharing


11. alhabib
Buat Anda yang mempunyai blog / web muslim sepertinya ini bisa menjadi prioritas, dengan koleksi widget Islami dari Asmaul Husna sampai  kalendar Islam dan lain sebagainya


12. 3Jam 
Widget ini memudahkan pengunjung blog untuk berinteraksi dengan Anda dengan mengirimkan SMS pada handphone Anda tanpa mereka tahu nomor HP Anda.


Widget yang cukup keren saya pikir  karena menampilkan banner kecil dibawah setiap postingan blog Anda, ketika banner BlikxIt itu di klik maka keluar mini popup seperti snapshot dan menampilkan video yang berhubungan dengan postingan blog Anda


Widget yang sangat berguna sekali buat Anda yang ingin membuat Petisi / Polling tentang apa saja


Buat Anda yang ingin memasang badge Google + pada sidebar Anda dengan Update Feed secara Live, kuncinya Anda harus punya akun Google + dulu.


Misteri Kapal Hantu Mengerikan Di Dunia

Misteri Kapal Hantu Mengerikan Di Dunia


Ourang Medan


Pada suatu hari di bulan Februari 1948, beberapa kapal yang sedang berlayar di perairan Indonesia mendapatkan pesan radio darurat yang berasal dari kapal Belanda: SS Ourang Medan. Terjemahan pesan darurat itu kira-kira begini: "Semua anak buah kapal termasuk kapten sudah meninggal di kabin dan di geladak. Kemungkinan tidak ada lagi yang tersisa..." Pesan ini kemudian dilanjutkan dengan kode morse yang aneh, kemudian diakhiri dengan bisikan terakhir si pemberi pesan "I die."

Kapal-kapal penyelamat pun diterjunkan untuk mencari SS Ourang Medan dan saat mereka menemukan kapal tersebut, terbentanglah pemandangan yang membuat misteri SS Ourang Medan jadi cerita kapal hantu yang paling menyeramkan di dunia sampai saat ini...

Semua awak kapal, termasuk sang kapten ditemukan tewas kaku dengan mata terbuka menghadap ke arah matahari, tangan mereka terbentang, mulut menganga dengan muka sangat ketakutan... Bahkan anjing yang ada di kapal itupun ditemukan mati dalam keadaan yang sama. dan saat kru penyelamat masuk ke ruang mesin, mereka menggigil walaupun suhu ruang mesin lebih dari 40 derajat!

Tim penyelamatpun memutuskan untuk menarik kapal tersebut ke daratan untuk pemeriksaan lebih lanjut, tapi di tengah jalan tiba-tiba asap keluar dari ruang mesin dan kapal yang sedang ditarikpun meledak kemudian. Sampai saat ini belum ada penjelasan mengenai penyebab kejadian mengerikan tersebut karena pada masa itu cerita tentang kapal ini kalah populer dengan masa transisi kemerdekaan Indonesia dan SS Ourang Medan tetap menjadi misterikapal hantu paling menyeramkan di dunia.


The Octavius


Walaupun sekarang dianggap lebih legenda daripada apa pun, cerita tentang Octavius tetap salah satu yang paling terkenal dari semua cerita kapal hantu. Cerita tanggal kembali ke 1775, ketika dikatakan bahwa sebuah kapal penangkap ikan paus yang disebut Herald sengaja menemukan Octavius mengambang tanpa tujuan di lepas pantai Greenland. Crewmembers dari Herald naik Octavius, di mana mereka menemukan tubuh para awak dan penumpang semua beku oleh dingin arktik.


Paling menonjol, para kru menemukan kapten kapal masih duduk di mejanya, pertengahan menyelesaikan sebuah entri log dari 1762, yang berarti telah Octavius terapung selama 13 tahun. Menurut legenda, ia akhirnya menemukan bahwa sang kapten telah mempertaruhkan untuk membuat cepat kembali ke Inggris dari Timur melalui Northwest Passage, tetapi bahwa kapal telah menjadi terperangkap di dalam es. Jika benar, ini akan berarti Octavius telah menyelesaikan bagian ke Atlantik sebagai hantu kapal, para awak dan kapten lama mati terekspos sampai unsur.


The Joyita


The Joyita adalah seorang nelayan dan perahu sewaan yang ditemukan ditinggalkan di Pasifik Selatan pada tahun 1955. Kapal, bersama dengan 25 penumpang dan awak, sedang dalam perjalanan ke Kepulauan Tokelau ketika sesuatu terjadi, dan tidak sampai jam kemudian bahwa Joyita terlambat dilaporkan dan upaya penyelamatan diluncurkan. Sebuah pencarian udara besar-besaran dilakukan, tapi gagal menemukan kapal yang hilang, dan tidak sampai lima minggu kemudian bahwa kapal dagang tersandung atas Joyita hanyut sekitar 600 mil dari aslinya saja.


Tidak ada tanda-tanda dari penumpang, kru, kargo, atau kehidupan rakit, dan kapal itu rusak dan daftar cukup parah ke satu sisi. Pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang menemukan bahwa radio kapal disetel untuk tanda bahaya universal, dan pencarian dari geladak menemukan tas dokter dan beberapa perban berdarah. Tak satu pun dari awak atau penumpang yang pernah terlihat lagi, dan misteri dari apa yang terjadi belum pernah terungkap. Teori yang paling populer adalah bahwa membunuh bajak laut penumpang dan melemparkan tubuh mereka ke laut, tapi klaim lain termasuk segala sesuatu dari pemberontakan dan penculikan penipuan asuransi.


The Lady Lovibond


Inggris memiliki tradisi panjang legenda tentang hantu kapal, dan Lady Lovibond ini mungkin yang paling terkenal. Sebagai jalan ceritanya, Lady Lovibond kapten, Simon Peel, baru saja menikah, dan memutuskan untuk membawa kapal di atas sebuah kapal pesiar untuk merayakannya. Dia membawa pengantin barunya sepanjang-akan berlangsung lama pelayaran terhadap keyakinan bahwa membawa seorang wanita di papan perahu adalah nasib buruk-dan berlayar pada 13 Februari 1748. Sayangnya untuk Peel, mate pertamanya juga jatuh cinta dengan istri barunya, dan setelah menonton perayaan, orang menjadi marah dan kewalahan dengan kecemburuan dan sengaja mengarahkan perahu ke Goodwind mematikan Sands, sebuah bar pasir terkenal karena menyebabkan kecelakaan kapal.


Lady Lovibond tenggelam, menewaskan semua penumpang. Sebagai legenda berjalan, sejak kecelakaan Lady Lovibond dapat dilihat berlayar di perairan sekitar Kent setiap 50 tahun. Hal ini terlihat pada tahun 1798 oleh beberapa kapten kapal yang berbeda, serta pada tahun 1848 dan 1898, ketika itu seharusnya tampak begitu nyata bahwa beberapa kapal, berpikir itu sebuah kapal dalam kesusahan, sebenarnya dikirim rakit untuk membantu itu. Lady Lovibond kembali terlihat pada tahun 1948, dan sementara tidak ada penampakan dikonfirmasi pada tahun terakhir di tahun 1998, terus menjadi salah satu yang paling terkenal legenda kapal hantudi Eropa.


The Mary Celeste


Tidak diragukan lagi yang paling terkenal dari semua kehidupan nyata hantu kapal, Mary Celeste adalah kapal dagang yang ditemukan gelandangan dan terapung-apung di Samudera Atlantik pada tahun 1872. Kapal itu dalam kondisi layak laut, dengan segala layar masih terjaga dan toko penuh makanan dalam kargo, tapi hidupnya perahu, kapten buku log dan, yang lebih penting, seluruh kru, menghilang secara misterius. Tidak ada tanda-tanda perjuangan, dan barang-barang pribadi dari kru dan kargo dari lebih dari 1500 barel alkohol tersentuh, tampaknya mengesampingkan kemungkinan pembajakan sebagai penjelasan. Pada tahun-tahun sejak penemuan aneh, sejumlah teori telah diusulkan mengenai kemungkinan nasib kru Mary Celeste.


Ini termasuk bahwa mereka penumpang tewas akibat puting beliung, bahwa awak memberontak, atau bahkan makan tepung yang terkontaminasi dengan jamur membawa semua penumpang untuk berhalusinasi dan menjadi gila. Teori yang paling mungkin tetap bahwa badai atau beberapa jenis masalah teknis memimpin sebelum waktunya meninggalkan kru untuk kapal dalam sekoci, dan bahwa mereka kemudian meninggal di laut. Namun, misteri yang mengelilingi Mary Celeste telah menimbulkan banyak spekulasi liar, dan lain-lain telah mengusulkan segalanya dari hantu ke laut monster dan penculikan orang asing mungkin penjelasan.


The Flying Dutchman


Maritim cerita rakyat, tidak ada hantu kapal yang lebih terkenal daripada Flying Dutchman, yang telah mengilhami banyak lukisan, cerita horor, film, dan bahkan sebuah opera. Kapal pertama kali disebutkan pada akhir 1700-an di George buku pelaut Barrington's Voyage ke Botany Bay, dan sejak itu para legenda terus tumbuh, berkat berbagai penampakan itu oleh nelayan dan pelaut. Sebagai cerita, si Flying Dutchman adalah kapal keluar dari Amsterdam yang dikapteni oleh seorang pria bernama Van der Decken. Kapal itu membuat jalan menuju Hindia Timur ketika menghadapi cuaca yang berbahaya di dekat Tanjung Harapan.


Bertekad untuk persimpangan, Van der Decken seharusnya menjadi gila, membunuh pasangan yang pertama, dan bersumpah bahwa ia akan melintasi Cape, "bahkan jika Tuhan akan membiarkan aku berlayar ke Judgment Day!" Walaupun usaha terbaik, kapal tenggelam di badai, dan sebagai legenda berjalan, Van der Decken dan kapal hantu sekarang dikutuk untuk berlayar lautan untuk selama-lamanya. Sampai hari ini, Flying Dutchman yang terus menjadi salah satu yang paling berpandangan dari semua kapal hantu, dan orang-orang dari nelayan laut dalam kepada Pangeran Wales memiliki semua mengklaim telah melihatnya membuat yang tak pernah berakhir perjalanan menyeberangi lautan.


SUMBER : http://www.anehdidunia.com



Jenis Kapal Pesiar Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Jenis Kapal Pesiar Terbesar Dan Termegah Di Dunia


1. MS Allure of the Seas

www.anehdidunia.com
 
Dengan kapasitas penumpang sebanyak 1385 orang, dilengkapi 25 restoran, memiliki 2000 orang kru profesional. Royal Caribbean International Company membuat kapal ini pada tahun 2006.

Tinggi 72 meter dan panjang 360 meter, merupakan kapal pesiar termewah dan terbesarpertama.

2. MS Oasis of the Seas

www.anehdidunia.com

 
Kapal ini hanya selisih sepanjang 50mm dengan MS Allure of the Seas, keduanya dimiliki The Royal Caribbean International Company. Mampu melaju hingga 22.6 knot yang didorong oleh 6 mesin diesel.

Menawarkan kemewahan dilautan dengan 16 dek, teater super besar, restoran dengan menu dari seluruh dunia, sarana hiburan, cafe dan semua impian para wisatawan.

3. Norwegian Epic

www.anehdidunia.com
  
Kapal pesiar mewah terbesar ketiga dipegang oleh Norwegian Epic, memiliki 19 tingkat dek mewah, ice bar, bowling, taman bermain, shopping mall. Sahabat anehdidunia.com dengan panjang 329.49 meter dan lebar 40 meter, Norwegian Epic mampu membawa 4100 penumpang sekaligus.

4. MS Freedom of the Seas

www.anehdidunia.com
  
Diluncurkan pada tahun 2006, kapal pesiar yang cantik nan mewah ini menempati urutan keempat. MS Freedom of the Seas memiliki panjang 338.9 meter dan lebar 38 meter.

Meskipun hanya menempati urutan keempat dalam ukuran tapi dalam hal kemewahan, MS Freedom of the Seas menempati urutan pertama!.

Mampu menampung 3634 penumpang menawarkan kenikmatan kopi Irlandia yang terkenal, kasino mewah, kolam renang, sarana skating es dan fasilitas lain yang menakjubkan.

5. MS Liberty of the Seas

www.anehdidunia.com
 
Diluncurkan pada tahun 2007, masih dari The Royal Caribbean International Company. Menempati urutan kelima dalam jajaran kapal pesiar terbesar dan termewah 2011 di dunia.

Memiliki 15 dek mewah dengan daya tampung 3634 penumpang . Kapal ini memiliki panjang 338.9 meter dan bobot mati 154.407 Ton!

6.MS Independence of the Seas

www.anehdidunia.com
 
Royal Caribbean International Company menempatkan lagi satu kapalnya didalam urutan ini. Adalah MS Independence of the Seas yang diluncurkan tahun 2008 dan melayari rute Eropa.

Dengan panjang 339 meter dan bobot 154.407 Ton, ia memiliki fasilitas tidak kalah mewah dengan MS Liberty of the Seas.

Memiliki Pyramid Lounge, Lounge bertema Egypt yang mewah serta kolam renang luas, lapangan volley, panjat tebing, arena permainan ketangkasan dan lain lain.

7. RMS Queen Mary 2

www.anehdidunia.com
 
Urutan ke 7 ditempati oleh RMS Queen Mary 2 yang melayari rute Transaltantik. Dengan panjang 345 meter dan bobot 151.400 Ton dulunya menjadi yang terbesar dan termewah pada saat pertama kali diluncurkan tahun 2003.

Pelayanan istimewa diatas kapal menjadikannya primadona keluarga untuk mengarungi Lautan Atlantik. Kapal ini mampu membawa penumpang sebanyak 3056 orang dalam satu kali pelayaran.

8.MS Navigaotr of the Seas

www.anehdidunia.com
 
Nomor 8 ditempati MS.Navigator of the Seas dari jajaran kapal pesiar The Royal Caribbean International lagi. 
Sahabat anehdidunia.com diluncurkan pada tahun 2002 dengan panjang 311.1 meter , lebar 49.1 meter dan bobot 138.279 Ton.

Menawarkan segala kemewahan seperti kapal kapal pesiar dari The Royal Caribbean lainnya

9. MS Mariner of the Seas

www.anehdidunia.com
 
Kapal pesiar mewah kesembilan adalah MS.Mariner of the Seas, dengan panjang 311.12 meter dengan kapasitas 3114 penumpang. Ia memiliki 1557 Kabin mewah!.

Sejak diluncurkan pada tahun 2003, kapal ini melayani rute Roma dan Laut Mediterania.

10. MS Explorer of the Seas

 www.anehdidunia.com
 
Diluncurkan pada tahun 2000 dan mampu membawa 3114 penumpang dalam setiap rutenya. MS.Explorer of the Seas menmepati urutan ke sepuluh jajaran 10 kapal mewah terbesar di dunia 2011.

Dengan panjang mencapai 311 meter, kapal ini adalah kapal pesiar termewah yang paling tua usianya dibanding dengan adik adiknya diatas.

TERIMA KASIH...

Video Kapal Titanic Youtube Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic

Video Kapal Titanic Youtube Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic



Video Kapal Titanic Youtube Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic - Buat pencinta film..pasti sudah tidak asing lagi dengan Film Titanic. Sebuah film yang di ambil dari kisah nyata atas tragedi Kecelakaan Kapal Tenggelam Titanic pada tahun 1912. Dan saat penayangan film Titanikpun animo masyarakat dunia begitu besar dan terbukti film Titanic menjadi daftar film box office semasa penayangan di bioskop.

Sedikit kisah tentang kapal Titanic bahwa Titanik merupakan salah satu kapal penumpang super. Saat melakukan perjalanan Kapal Titanic bertujuan untuk mengawali perniagaan perjalanan trans-Atlantik. Pemilik Kapal Titanic adalah White Star Line dimana kapal Titanic ini dibuat di galangan kapal Harland and Wolff. Waktu itu Kapal Titanic merupakan Kapal Termewah Termegah Di Dunia untuk kapal uap penumpang. Waktu melakukan pelayaran perdananya, Kapal Titanic mengalami tragedi kecelakaan kapal yaitu menabrak gunung es pada pukul 23:40 (waktu kapal), pada hari Minggu, tanggal 14 April tahun 1912. Akibat kecelakaan tersebut kapal Titanic tenggelam sekitar dua jam empat puluh menit kemudian pada pukul 2:20 pagi hari Senin.

Akibat dari tragedi tersebut mengakibatkan banyak korban meninggal lebih dari 1.500 orang, dan Kecelakaan kapal Titanik tersebut sebagai bencana laut terburuk semasa zaman dalam sejarah dan sampai kini paling termashyur. Secara teknologi pembuatan Kapal Titanic menggunakan teknologi paling maju pada jamannya, sehingga banyak orang awam mempercayai kalau kapal Titanic tidak mungkin tenggelam. Tapi namanya juga karya manusia, secanggih apapun teknologinya kalau sudah berhadapan dengan alam siapa sangka kapal Titanic yang megah tersebut bisa tenggelam akibat menabrak gunung es.

Lihat Video kapal Titanic tenggelam dari youtube berikut.








JENIS-JENIS KAPAL

JENIS-JENIS KAPAL





Ada banyak jenis-jenis kapal di dunia pelayaran. Banyak penggolongan jenis kapal berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Penggolongan jenis-jenis kapal adalah sebagai berikut :

1. Jenis Kapal Menurut Bahannya

  • Kapal Kayu ==> Kapal yang semua bahannya terbuat dari kayu.
kapalkayu23122009 JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Fiber Glass ==>Kapal yang semua bahannya terbuat dari Fiber Glass.
1708758 gambar JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Ferro Cement ==> kapal yang dibuat dari bahan semen yang diperkuat dengan baja sebagai tulang-tulangnya.
SABANAHA JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Baja ==> kapal yang seluruh konstruksi badan kapal dibuat dari baja.
image 652 JENIS JENIS KAPAL

2.  Jenis Kapal Berdasarkan Alat Penggeraknya

  • Kapal Layar ==> Pada jenis ini kecepatan kapal tergantung pada adanya angin. Banyak kita jumpai pada kapal-kapal latih dan pada kapal barang tetapi hanya terbatas pada kapal- kapal kecil saja.
800px dewaruci JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal PadleWheel ==> Sistim padle wheel, pada prinsipnya adalah gaya tahanan air yang menyebabkan/menimbulkan gaya dorong kapal (seperti dayung).
 JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Jet Propultion ==> Sistim ini pada prinsipnya adalah air diisap melalui saluran di muka lalu didorong ke belakang dengan pompa hingga menimbulkan impuls (jet air ke belakang).
hsv2 swift JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Propeller ==> Kapal bergerak karena berputarnya baling yang dipasang di belakang badan kapal sehingga menimbulkan daya dorong.
stock photo big ship propeller red 1182797 JENIS JENIS KAPAL


3.  Jenis Kapal Berdasarkan Mesin Penggerak Utamanya

  • Kapal Mesin Uap Torak ==> Biasanya yang dipakai adalah triple expansion engine (bersilinder tiga) atau double Compound Engine.
 JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Turbin Uap ==> Tenaga yang dihasilkan oleh mesin semacam ini sangat rata dan uniform dan pemakaian uap sangat efisien baik pada tekanan tinggi ataupun rendah.
SHIP CVN 65 CGN 25 CGN 9 1964 lg JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Turbin Elektrik Drive ==> Disini reversing turbine yang tersendiri dapat dihapuskan dengan memakai sistim ini sangat mudah operasi mesin-mesinnya.
kms tirpitz 2 JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Mesin Pembakaran Internal ==> Untuk tenaga yang sama, jika dibandingkan dengan mesin uap akan lebih kecil ukurannya. Dengan adanya kemajuan dalam pemakaian turbo charger untuk supercharging maka beratnyapun dapat diperkecil dan penghasilan tenaga dapat dilipat gandakan.
ss32175 passenger ship 900sm JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Gas Turbin ==> Prinsipnya adalah suatu penggerak yang mempergunakan udara yang dimampatkan (dikompresikan) dan dinyalakan dengan menggunakan bahan bakar yang disemprotkan dan kemudian setelah terjadi peledakan udara yang terbakar akan berkembang.
0eefedd76d9946fadf88d7bf0487 grande JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Mesin Nuklir ==> Bentuk Propulsi ini hanya dipakai pada kapal-kapal besar non komersil seperti kapal induk, kapal perang sehingga kapal yang memakainya masih terbatas.
USSReaganAircraftCarrier JENIS JENIS KAPAL


4. Jenis Kapal Khusus Berdasarkan Fungsinya

  • Kapal Khusus Berdasarkan Fungsinya ==> ada umumnya kapal-kapal barang terutama general cargo dapat membawa penumpang kelas sampai 12 penumpang  dan tetap dinamakan kapal barang.
4cc664a2176b3c1419e80008f JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Penumpang ==> Kapal penumpang ada yang besar dan ada yang kecil. Kapal penumpang kecil kebanyakan digunakan untuk pesiar antar pulau yang tak begitu jauh menyusuri pantai/sungai yang menghubungkan antar kota sebagai komunikasi transport.
kapal roro JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Pengangkut Kayu ==> Kayu yang diangkut di atas geladak dan diikat kuat dapat menambah daya apung cadangan, sehingga lambung timbul kapal pengangkut kayu relatip lebih kecil dibandingkan kapal barang. Oleh karena itu dikatakan bahwa kapal pengangkut kayu dianggap mempunyai free board khusus.
2552405441 9b57b66e3d JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Tanker ==> Mengingat sifat zat cair yang selalu mengambil posisi yang sejajar dengan garis air, pada waktu kapal mengalami keolengan dan hal ini terjadi pada tangki-tangki yang tak diisi penuh.
megaship JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Keruk Tambang Timah ==> Untuk mengeruk bahan tambang timah
n1597141384 247968 1707103 JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Kabel atau CABLESHIP ==> kapal ini digunakan untuk memperbaiki atau repair dan laying kabel optik bawah laut.
obu8jicq JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal FPSO (Floating production Storage and Offloading) ==> Kapal yang berfungsi sebagai pabrik terapung buat minyak mentah. kapal ini biasa beropasi di dekat anjungan pengeboran minyak.
atcfwoyf JENIS JENIS KAPAL
  • Drilling Ship ==> Kapal yang berfungsi untuk ngebor sumur minyak yang kemudian sumur itu disedot oleh oil Rig. Kapal ini menggunakan Dynamic Positioning System. DPS ini terhubung dengan satelit dan sistem Bow Thruster.
dejo0xzq JENIS JENIS KAPAL
  • Submersible Ship ==> Kapal ini berfungsi untuk mengangkut atau menggendong kapal oil Rig yang akan dibawa ke tempat pengeboran.
n2hlgwzt JENIS JENIS KAPAL


5. Jenis Kapal-Kapal Khusus (Mempunyai Tugas Khusus)

  • Kapal Keruk ==> Fungsinya adalah memperdalam kolam pelabuhan, alur pelayaran, sungai dan lain-lainnya dan juga menyediakan tanah untuk reklamasi rawa-rawa (untuk perluasan daerah menjadi daratan).
kapal%20keruk%20bidawang JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Tunda ==> Kapal yang fungsinya menarik atau mendorong kapal-kapal lainnya.bima%20kapal%20306 JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Penangkap Ikan ==> Kapal-kapal ikan dimana operasi penangkapannya agak jauh dari pangkalannya, yang berhari-hari memerlukan waktu dalam operasinya biasanya dilengkapi dengan kotak ikan yang didinginkan, sehingga ikanikan hasil tangkapan tidak cepat menjadi busuk. Bahkan untuk kapal-kapal ikan yang modern dilengkapi dengan pabrik ikan dalam kaleng.
kapal ikan atli 0011 JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Pemadam Kebakaran ==> Kapal yang fungsinya membantu memadakan kebakaran pada kapal lain atau kebakaran pada dermaga pelabuhan. Operasinya biasanya dilakukan sekitar pelabuhan.
7046 fire cmd craft JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Peneliti ==> Kapal yang fungsinya mengadakan penelitian di lautan, kapal tersebut dilengkapi dengan peralatan-peralatan penelitian.
ex bow starboard side 600 JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Rumah Sakit ==> Kapal yang dilengkapi dengan peralatan Rumah Sakit.
12ca4ad7fb452267dfde7b6ddf8fa14a JENIS JENIS KAPAL

  • Kapal Perang ==> Arena fungsinya untuk berperang atau menjaga keamanan maka perencanaan dan konstruksinya lebih ditekankan pada segi kekuatan, sehingga faktor ekonomis kurang mendapat perhatian.
krikarel satsuit tubun 356 JENIS JENIS KAPAL
  • Kapal Asli Indonesia ==> Kapal asli buatan Indonesia icon razz JENIS JENIS KAPAL
DSC 7385 JENIS JENIS KAPAL

SUMBER : http://pelayaran.net