Rabu, 15 Januari 2014

Manajemen Keselamatan Pelayaran

Manajemen Keselamatan Pelayaran



selamat datang di blog pelaut indonesia dengan topik Manajemen Keselamatan Pelayaran,semoga dapat bermanfaat...aamiin...



Dunia pelayaran sangatlah luas dan penuh dengan tantangan dan bahaya. Sejak jaman dulu hingga saat ini, laut dipenuhi dengan lalu lintas yang sangat ramai. Bahkan bahaya pun seringkali terjadi.
Guna mengendalikan tingkat bahaya dalam dunia pelayaran, maka disusunlah suatu sistem manajemen keselamatan pelayaran yang disebut sebagai ISM Code (International Safety Management Code) yang dikeluarkan oleh IMO (International Maritime Organisation), yang merupakan standar yang disusun dari beberapa kesepakatan dan regulasi yang menyangkut keselamatan dan pencegahan pencemaran lingkungan kelautan, misalnya :
  • HSC Quality Manual
  • HSC Fleet Manual
  • HSC Crew Management Manual
  • SOLAS
  • MARPOL 73/78
  • ILO 147
  • Classification Society Survey Rules
  • Regulasi dan peraturan lain yang berlaku
ISM Code merupakan panduan, bukan berisi petunjuk pengoperasian kapal, yang menuntut organisasi untuk menyusun sistem manajemen keselamatan pelayarannya sesuai kapal yang dimiliki dan digunakan. Keseluruhan manualnya harus mencakup pengendalian kerja di kapal dan seluruh pendukungnya di darat. Dapat berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, namun tetap mengacu pada aturan ISM Code. Sertifikat akan diterbitkan untuk setiap kapal bila pelaksanaan sudah diverifikasi memenuhi persyaratan standar ISM Code. Sertifikat manajemen keselamatan pelayaran ( Safety Management Certificate ) berlaku 5 tahunan dan selama masa tersebut akan dilakukan audit oleh penerbit sertifikat.
Pemahaman arti “keselamatan” dalam standar ini adalah pernyataan bahwa resiko bahaya pada manusia dan kerusakan pada kapal serta laut dapat ditekan pada tingkatan yang ditentukan.
Atau dapat diartikan sebagai “ Bebas dari bahaya ”, baik pada kapal – manusia – lingkungan.
Keamanan pelayaran merupakan faktor utama dalam sistem manajemen untuk pelayaran.
Bahaya pelayaran merupakan faktor yang tidak dapat tidak terjadi sama sekali, namun dapat dikurangi dan ditekan secara terus menerus dengan berbagai upaya, yaitu :
  • Melaksanakan prosedur kerja dengan konsisten.
  • Melakukan komunikasi yang tepat dan benar.
  • Menggunakan alat-alat pelindung diri yang tepat.
  • Menyusun perencanaan kerja dan pemantauan hasil kerja.
  • Melatih personil secara rutin.
Dalam pelaksanaan sistem manajemen keselamatan pelayaran, perusahaan pelayaran perlu menunjuk personil yang bertanggungjawab memantau pelaksanaan sistem tersebut bagi seluruh personil di semua tingkatan dalam suatu organisasi ( perusahaan ).
Sasaran yang harus dibuat perlu mencakup :
  • Tersedianya prosedur operasional kapal dan pencegahan pencemara lingkungan.
  • Tersedianya panduan darurat untuk segala resiko bahaya.
  • Adanya peningkatan berkelanjutan secara terus menerus pada seluruh personil, baik di darat (perusahaan / organisasi) maupun di laut (personil kapal) dalam penanganan pencegahan bahaya, kondisi darurat dan pencegahan pencemaran lingkungan.
Mengapa sistem ini dianggap penting ? Beberapa alasan yang mendasari adalah :
  • Seringnya terjadi kecelakaan di laut.
  • Gagalnya pelaksanaan prosedur dan instruksi kerja.
  • Tidak berhasilnya melatih personil.
Sehingga sistem manajemen keselamatan pelayaran ini mewajibkan perusahaan untuk :
  • Menyusun kebijakan keselamatan dan pencegahan pencemaran lingkungan.
  • Menentukan posisi personil dalam suatu struktur, baik untuk posisi di darat ( perusahaan ) maupun di laut ( kapal ), termasuk juga untuk personil yang ditunjuk sebagai penanggungjawab sistem.
  • Uraian tugas dan wewenang jabatan personil.
  • Menuliskan prosedur dan instruksi kerja di darat (perusahaan), pengoperasian kapal dan pencegahan pencemaran lingkungan.
  • Menyusun program pemeliharaan, pengujian dan pemeriksaan.
  • Merencanakan program penanganan kondisi darurat secara terus menerus.
  • Menyusun prosedur penyusunan laporan atas kecelakaan dan ketidaksesuaian yang terjadi.
  • Menjalankan pelatihan bagi seluruh kru kapal dan memastikan seluruh personil telah terlatih.
  • Menjalankan audit internal dan tinjauan manajemen.
  • Pengendalian dokumen dan rekaman.
Kunci awal yang harus dipahami dalam pelaksanaan standar ini adalah “ 3 C ”, yaitu :
  • Commitment : langkah awal untuk memulai pelaksanaan standar, mulai dari pimpinan tertinggi hingga seluruh personil di bawah.
  • Common sense : bahwa yang dijalankan adalah hal yang bisa dilakukan. Namun bila belum dimengerti, bertanyalah pada personil yang sudah mengerti.
  • Communication : komunikasi yang menyeluruh tanpa batasan waktu.
Keuntungan menjalankan manajemen keselamatan pelayaran :
  • Menumbuhkan kesadaran akan mutu / keselamatan pelayaran.
  • Meningkatkan efisiensi, produktivitas, jaminan, dan meningkatkan keuntungan – kepercayaan pelanggan – kepuasan pelanggan.
  • Peningkatan berkelanjutan.
  • Meningkatkan performa perusahaan.
  • Meningkatkan moral personil.
Tantangan yang akan terus dihadapi adalah :
  • Menekan terjadinya kesalahan operasional.
  • Menekan terjadinya kecelakaan manusia.
  • Upaya untuk terus menjaga dan melindungi manusia dan lingkungan.
  • Pengendalian atas pelaksanaan sistem dan ketidaksesuaian.
  • Dapat digunakan sebagai alat bantu pemasaran.
  • Pengakuan secara internasional.
  • Menjembatani antara keinginan klien dengan perusahaan, terkait dengan mutu pelayanan.
Sistem manajemen sungguh luas mengatur dan terus membenahi kondisi sekitar kita. Semua demi kebaikan bersama, peningkatan bersama dan menjadi keuntungan bagi kita.

Selasa, 14 Januari 2014

Cara Kerja Kapal Laut Dan Prinsip Kerja Mesin Penggerak Utama Kapal Dan Mesin Bantu

Cara Kerja Kapal Laut Dan Prinsip Kerja Mesin Penggerak Utama Kapal Dan Mesin Bantu


selamat datang di blog pelaut indonesia dengan topik Cara Kerja Kapal Laut Dan Prinsip Kerja Mesin Penggerak Utama Kapal Dan Mesin Bantu, semoga dapat bermanfaat...aamiin...


Cara Kerja Kapal Laut Dan Prinsip Kerja Mesin Penggerak Utama Kapal Dan Mesin Bantu - Mungkin Anda termasuk salah seorang yang sering menggunakan jasa kapal sebagai alat transportasi. Tapi terpikirkah oleh Anda bagaimana Kapal laut yang begitu besar da berat bisa berjalan di tengah samudera yang penuh dengan ombak dan gelombang yang sangat tinggi dan berbahaya. Ayo kita cari tahu prinsip cara kerja kapal laut. 

Informasi dari blog pelaut Indonesia ini mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui dunia kepelautan. Tapi ada info menarik lainya yang bisa anda baca di berita pelautjadwal diklat untuk anda yang ingin jadi pelaut, kecelakaan kapal yang berisi beberapa musibah tentang kapal hingga pembajakan kapal. Atau Anda ingin tahu dimana Perusahaan Perkapalan Indonesia Dan Daftar Alamat Perusahaan Pelayaran Lengkap Di Indonesia  klik saja linknya ya..


1. Radial Engines
Mesin radial adalah susunan mesin pembakaran dalam, dimana silinder diatur mengelilingi arah sebuah pusat poros engkol seperti jeruji pada roda. Pembakaran ini secara umum digunakan mesin pesawat sebelum digantikan dengan mesin poros turbo dan turbo jet. Mesin Radial ini digunakan untuk menggerakkan baling-baling pesawat.

2. Mesin Uap
Mesin uap adalah mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Mesin uap digunakan dalam pompa, lokomotif dan kapal laut, dan sangat penting dalam Revolusi Industri.

3. Mesin Jahit
Mesin jahit adalah peralatan mekanis atau elektromekanis yang berfungsi untuk menjahit.

4. Mekanisme Maltese Cross
Maltese Cross adalah mekanisme yang menerjemahkan sebuah rotasi terus-menerus menjadi gerakan berputar yang berselang. Mekanisme jenis inilah yang menjadi dasar pembuatan mesin jam.

5. Mekanisme Transmisi Manual
Transmisi manual adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R).

6. Constant Velocity Joint
Constant Velocity Joint memungkinkan poros berputar untuk mengirimkan daya melalui sudut variabel, kecepatan rotasi konstan, tanpa peningkatan berarti dalam gesekan atau bermain. Mekanisme ini biasanya terdapat pada system pergerakan pada roda mobil.

7. Sistem Torpedo Penghancur Pada Kapal
Torpedo adalah proyektil berpenggerak sendiri yang ditembakkan di atas atau di bawah permukaan laut dan kemudian meluncur di bawah permukaan laut dan dirancang untuk meledak pada kontak atau pada jarak tertentu dengan target. Torpedo dapat diluncurkan dari kapal selam, kapal permukaan, helikopter atau pesawat.

8. Rotary Engine
Rotary engine adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu. Orang lebih mengenal mesin rotor dengan sebutan piston. Karena mesin rotor sangat kompak, ringan, mesin ini banyak digunakan pada berbagai kendaraan dan peralatan seperti pada mobil balap, pesawat terbang, go-kart, speed boat.

Sumber : kaskus.us

Harga Tiket Kapal Laut Pelni Tarif dan Jadwal Lengkap Jam Keberangkatan Kapal Pelni

Harga Tiket Kapal Laut Pelni Tarif dan Jadwal Lengkap Jam Keberangkatan Kapal Pelni


Harga Tiket Kapal Laut Pelni Tarif dan Jadwal Lengkap Jam Keberangkatan Kapal Pelni : Ingin berpergian dengan menggunakan trasportasi laut? Simak informasi harga tiket kapal PELNI serta jadwal keberangkatan kapal PELNI berikut ini. Berpergian memakai trasportasi kapal laut menjadi pilihan sebagian besar masyarakat. Walaupun mungkin memakan waktu lebih lama jika di bandingkan menggunakan transportasi udara.

Blog ini tidak ada kaitannya dengan situs resm Pelni. Hanya sekedar share informasi saja mengenai harga tiket menggunakan kapal laut Pelni serta jadwal lengkap kapan kapal Pelni berangkat. Cara mengetahui jadwal dan harga tiket Pelni sebetulnya bisa Anda ketahui secara online dengan mengetahui situs resminya.

Namun, jika Anda tidak sedang online Anda bisa menghubungi no telpon Pelni di (021) 79180606 untuk Jakarta dan sekitarnya agar Anda memperoleh informasi lebih detail dan jelasa berapa harga tiket kapal laut Pelni terbaru. Karena bisa saja harga sewaktu-waktu bisa berubah. Sedangkan jika Anda berada di luar Jakarta, Anda bisa menghubungi agen cabang resmi dari Pelni untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai harga tiket pelni serta jadwal keberangkatan kapal melalui agen-agen kantor cabang yang di tunjuk secara resmi oleh Pelni.

Segera saja lihat di Jadwal Kapal Pelni

Atau lihat di Agen Cabang Pelni

Sabtu, 11 Januari 2014

PERHITUNGAN BALOK KOPEL, PENAHAN PLAT KANOPI

Salam Engineer

Pada waktu yang lalu penulis, menjanjikan perhitungan balok konsol, berikut ini penulis sertakan file Excelnya gratis untuk semua pembaca Blog ini, sederhana memang dan kadang kala dianggap sepele, akan tetapi bila kanopy jendelanya patah, maka hal ini akan langsung menghebohkan semua pihak, syukur- syukur tidak ada yang cedera, jika ada yang cedera, panjanglah cerita yang disebabkan oleh KANOPY JENDELA

semoga bermanfaat

by Arif

http://www.4shared.com/file/13fPSO9kba/PERHITUNGAN_BALOK_KOPEL_DGN_PL.html

Kamis, 02 Januari 2014

jersey manchester united 2014

jersey manchester united 2014


para pecinta setan merah nihh jersey terbaru 
MANCHESTER UNITED
jangan fans MU klw n'ga punya jerseynya BROW.....



Terjebak Es, Kapal Rusia Rayakan Tahun Baru di Antartika

Terjebak Es, Kapal Rusia Rayakan Tahun Baru di Antartika




Akademik Skohalskiy Terjebak di Antartika (Foto: Reuters)Akademik Skohalskiy Terjebak di Antartika (Foto: Reuters)
DUMONT D’URVILLE – Kapal Rusia yang terjebak di tengah es Antartika masih belum bisa diselamatkan. Badai salju menghambat upaya penyelamatan kapal bernama Akademik Shokalskiy tersebut.
 
Akademik Shokalskiy terjebak sekira 180 kilometer (km) dari stasiun penelitian Dumont D’urville. Kapal tersebut membawa sebanyak 78 penumpang.
 
Kapal China, Snow Dragon, menunggu cuaca membaik sebelum melanjutkan upaya penyelamatan. Helikoter disiapkan untuk mengevakuasi penumpang Akademik Shokaliskiy.
 
Penumpang Akademik Shokaliskiy disebut berada dalam kondisi baik. Mereka menyibukkan diri agar tidak merasa stres. Sebagian besar penumpang kapal adalah peneliti yang berasal dari Australia.
 
“Kami mengisi hari dengan kesibukan. Kami juga melakukan rapat untuk membahas perkembangan terbaru,” ujar salah satu peneliti, Chris Turney

Helikopter China Mulai Evakuasi Awak Kapal di Antartika

Helikopter China Mulai Evakuasi Awak Kapal di Antartika


Helikopter China di Antartika (Foto: Reuters)Helikopter China di Antartika (Foto: Reuters)
DUMONT D’URVILLE – Sebuah helikopter China dilaporkan berhasil mencapai lokasi kapal Rusia, Akademik Shokalskiy, yang terjebak di Antartika. Helikopter itu pun mulai mengevakuasi penumpang kapal.
 
Sebelumnya, helikopter tersebut urung melakukan penyelamatan karena masalah teknis. Namun, upaya penyelamatan berhasil pada percobaan selanjutnya.
 
“Helikopter China berhasil sampai. Evakuasi telah dimulai,” ujar salah satu penumpang Akdemik Shokalskiy, Chris Turney, seperti dikutip Reuters, Kamis (2/1/2014).
 
Akademik Shokalskiy terjebak di tengah es Antartika sejak malam Natal. Kapal tersebut terjebak sekira 180 kilometer (km) dari stasiun penelitian Dumont D’urville.
 
Akademik Shokalskiy membawa sebanyak 74 penumpang. Sebagian besar penumpang merupakan rombongan peneliti dari berbagai negara.
 
Helikopter yang melakukan evakuasi merupakan bagian dari kapal pemecah es China, Snow Dragon. Selain Snow Dragon, kapal pemecah es dari Prancis dan Australia juga terlibat dalam proses penyelamatan.

Teroris Ciputat Kelompok Baru & Akan Manfaatkan Situasi Politik 2014

Teroris Ciputat Kelompok Baru & Akan Manfaatkan Situasi Politik 2014



(Heru/Okezone)
(Heru/Okezone)
GRESIK - Mantan instruktur bom dan anggota Jama’ah Islamiyah (JI), Ali Fauzi, menyebut, kelompok terduga teroris yang dilumpuhkan tim Densus 88 di Ciputat, Tangerang Selatan pada malam pergantian tahun, merupakan jaringan kelompok baru dan tidak ada kaitannya dengan JI.

”Kelompok baru ini merupakan gabungan pemuda yang memiliki semangat juang besar, tapi tidak diimbangi dengan kemampuan individu tentang terorisme,” ujar pria yang terlibat dalam tragedi bom Bali 2002 lalu saat berada di Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/1/2013).

Pria yang merupakan adik bungsi dari Amrozi dan Ali Ghufron menyebut, kelompok tersebut tidak memiliki kemampuan individu yang baik karena ditangkap bersama-sama di satu tempat, beberapa saat setelah melakukan perampokan di Jakarta.

Menurutnya, jaringan kelompok baru juga berpotensi memanfaatkan situasi politik 2014 untuk melakukan adu domba antarkelompok masyarakat.

“Jaringan baru bisa saja memanfaatkan situasi tahun politik dengan maksud untuk memanaskan situasi. Mereka akan memancing ikan di air keruh dan mengadu domba antarkelompok di masyarakat,” duganya.

Dia memprediksi, dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun mendatang, kelompok baru terus menunjukkan eksistensinya untuk mendirikan sebuah negara dan tidak mengakui eksistensi bangsa Indonesia.

Soal pergeseran target teroris dari fasilitas barat seperti Amerika dan Australia, menurutnya lebih disebabkan ideologi yang membolehkan mengambil harta orang lain untuk membiayai perjuangan mereka.

Karena persoalan teroris merupakan persoalan ideologi, maka langkah antisipasi yang diperlukan yakni melalui hard power dan soft power. “Tidak hanya berupa penindakan, tetapi juga melalui kontra ideologi dengan memberikan reedukasi dan berdiskusi dengan kelompok mereka,” tutupnya. (Sindo TV / Agus Ismanto / ris)