Administrasi Guru POS KKG MGMP Format Words

Author : UnknownTidak ada komentar

Administrasi Guru POS KKG MGMP Format Words

Kumpulan Materi POS ( Prosedur Opersional Standar ) KKG dan MGMP - Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang  Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau D-IV, kompetensi, dan sertifikat pendidik. Selain itu, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, guru harus meningkatkan kompetensinya secara berkelanjutan. Sehubungan dengan hal tersebut, agar proses peningkatan kualifikasi akademik dan kompetensi guru terprogram serta terlaksana dengan baik, diperlukan wadah pembinaan guru yang mandiri dan profesional.
Contoh Administrasi Guru POS KKG MGMP

Wadah pembinaan guru yang sudah ada, yaitu Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk guru SD/MI/SDLB dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk guru SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/ SMALB, dan SMK/MAK saat ini masih belum berjalan dengan baik dan masih banyak menghadapi berbagai kendala. Agar  kegiatan pembinaan guru di KKG dan MGMP lebih terarah, perlu disusun Rambu-rambu pengembangan dan penyelenggaraan KKG dan MGMP. Rambu-rambu tersebut terdiri atas  3 (tiga) buku, yaitu :
  • Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP.
  • Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan KKG dan MGMP.
  • Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di KKG dan MGMP
[Preview File]


Tujuan disusunnya Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan KKG dan MGMP ini adalah untuk memberikan Rambu-rambu bagi para pengelola. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) telah disusun standar pengembangan KKG dan MGMP yang memuat 7 (tujuh) komponen pengembangan, yaitu:

(1) Organisasi,
(2) Program dan kegiatan,
(3) Sumber daya manusia,
(4) Sarana dan prasarana,
(5) Pengelolaan,
(6) Pembiayaan, serta
(7) Ppemantau-an dan evaluasi.

Semua itu tersaji dalam  buku 1 yaitu  Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP. Untuk mengoperasionalkan pengembangan kegiatan tersebut perlu disusun Buku 2 yaitu Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan KKG dan MGMP yang merupakan jabaran dari ketujuh komponen pengembangan kegiatan KKG  dan MGMP di atas.

Untuk itu silahkan download file Kumpulan Materi POS KKG dan MGMP dibawah ini dalam bentuk FDP dan Words :

Sumber : Sekolah Kita

Artikel Terkait

Posted On : Minggu, 21 Agustus 2016Time : Agustus 21, 2016
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Tutorial Online | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]