Tutorial Menginstall Windows 7

Author : UnknownTidak ada komentar

Assalamuallaikum Wr.Wb

Salam jumpa kembali tentunya kembali kita bertemu dan berkunjung pada sebuah blog yang sangat-sangat sederhana ini,kali ini kita akan membahas seputar dunia instalasi,dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas “Tutorial Menginstall Windows 7”.Sering kita temui jika suatu saat ada permasalahan pada Komputer yang disebabkan rusaknya OS sehingga harus memaksa kita mau tidak mau untuk melakukan instalasi.

Dan terkadang kita mengambil jalan pintas dengan membawa Komputer ketempat service untuk melakukan install ulang dan dengan merogoh kocek yang lumayan dari Rp,50.000 sampai Rp,100.000,dan harga tergantung daerah.Padahal jika kita ingin belajar saja kita dapat mudah melakukannya dengan asumsi memiliki Master Windows yang ingin kita installkan.

Untuk langkah-langkahnya mari kita simak ulasan singkat dibawah ini:

1.Siapkan CD/DVD Master Windows 7

2.Setting Priority BOOT pada BIOS dengan mengatur DVD Drive sebagai primary BOOT.Lalu simpan hasil setting BIOS tersebut,lalu Komputer akan restart.


3.Setelah restart muncul perintah sepert gambar dibawah yang mengharuskan kita menekan sembarang tombol pada keyboard untuk melakukan booting dari DVD Drive.

2.Setelah booting dengan ditandainya animasi ala Bootingnya windows 7.

3.Lalu muncul jendela instalasi yang mengharuskan kita untuk mengatur,waktu,bahasa,dan keyboard input,kali ini kita setting defaultnya lalu klik next.

4.Lalu kita tunggu sebentar hingga muncul Choice versi Windows yang digunakan dan arsitektur yang digunakan,untuk kali ini kita akan menggunakan Windows 7 Ultimate X86/32bit.
5.Lalu kita diarahkan pada persetujuan atau ketentuan “Software License Terms”,dan untukmelanjutkannya kita harus mencentang “I Accept License Terms”,yang artinya menyetujui ketentuan yang ada.

6.Lalu kita akan diarahkan pada pilihan tipe instalasi dimana Upgrade merupakan pilihan instalasi jika kita ingin menaikkan versi windows jika sebelumnya terinstall Sistem Operasiseperti Windows XP/Vista yang intinya sebelum dari Windows 7.Dan untuk Custom kita lakukan jika kita ingin melakukan fresh install,dan untuk kali ini kita pilih yang Custom.

7.Next,kita dihadapkan lagi untuk mengatur dimana kita akan memilih tempat untuk menginstall system operasi pada masing-masing partisi harddisk.Lalu klik Next.

8.Tunggu proses pengkopian file instalasi system operasi,dan setelah selesai maka Komputer otomatis akan melakukan restart(dalam hal ini memakan waktu yang cukup lama tergantung dengan spesifikasi Komputer yang kita gunakan).


9.Setelah restart maka Komputer akan menyiapkan pembaruan registry dengan ditandai tampilan booting seperti dibawah.

10.Setelah proses penyiapan registry selesai kita dihadapkan kembali proses pengkopian file system operasi untuk yang kedua kali.

11.Dan setelah selesai Komputer juga akan melakukan restart secara otomatis.Lalu ditandai dengan booting yang menyiapkan performance Komputer untuk pertama penggunaan setelah usai install.

12.Lalu muncul jendela yang mengharuskan kita untuk mengatur Nama Komputer.Dapat diisi sesuai Nama kita.Lalu klik Next.

13.Lalu kita dihadapkan jendela untuk mengatur password dari Nama Komputer yang kita buat tadi,jika kita tidak ingin mengisi dapat dilewati dengan langsung klik Next saja.

14.Lalu kita dihadapkan kembali pada jendela yang mengharuskan kita untuk mengisi Serial Number yang biasanya ada pada Box DVD Master,namun jika kita tidak ingin mengisinya kita dapat melakukan instalasi nanti dengan mencentang choice dibawahnya lalu klik Next.

15.Untuk langkah ini kita dihadapkan untuk setting protect computer,dapat kita lanjutkan dengan memilih Use  recommended settings.

16.Lalu kita diharuskan untuk mengatur tanggal dan waktu sesuai Negara atau ibukota masing-masing.Lalu klik Next.

17.Untuk langkah select your computer location,dapat kita lanjutkan dengan memilih Home Network.

18.Komputer akan menyimpan settingan dengan ditandai tampilan seperti dibawah.

19.Setelah selesai proses loading untuk mempersiapkan tampilan desktop pertama akan ditandai dengan gambar seperti dibawah.

20.Dan instalasi sudah selesai dengan ditandai bersihnya desktop karena belum terinstall software pendukung seperti antivirus,Microsoft office,dll.Dan untuk selanjutnya kita dapat melakukan instalasi software pendukung lainnya.


Oke saya rasa cukup untuk Tutorial kali ini,semoga dari yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi para pembaca blog yang sangat sederhana ini,dan jika bermanfaat silahkan share pada laman facebook agan,agar banyak lagi orang yang berkunjung dan bertukar ilmu pada blog ini.Selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Waallaikumussalam Wr.Wb






















Artikel Terkait

Posted On : Sabtu, 08 April 2017Time : April 08, 2017
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Tutorial Online | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]