Tutorial Perawatan dan Pemeriksaan RAM

Author : UnknownTidak ada komentar

Assalamuallikum Wr.Wb


Jumpa kembali tentunya pada postingan blog yang sangat-sangat sederhana ini,untuk postingan kali ini sesuai dengan konsistensi awal kita,untuk membahas detail dari Tutorial Mengatasi Komputer yang sering Restart atau Shutdown sendiri,untuk penanganan pada hardware yang berada pada point pertama yaitu pemeriksaan dan perawatan pada RAM,(Random Access Memory) maka untuk tutorial “Perawatan dan Pemeriksaan RAM”,dapat kita bahas bersama-sama dalam jumpa pada postingan kali ini.


Dimana fungsi RAM adalah sebagai memory penyimpanan sementara pada Komputer,sehingga jika terjadi masalah pada sector ini dapat mempengaruhi kinerja Komputer itu sendiri,untuk perawatan dan pemeriksaan yang harus dilakukan merupakan tindakan yang sangat penting dimana jika RAM ini terjadi malfungsi maka akan ada efek yang berpengaruh pada Komputer,diantaranya:

                Jika kondisi belum parah
1.  Mungkin sering terjadi restart dengan sendirinya dengan ditandainya pesan BSOD,nah apa BSOD itu?,untuk lebih jelasnya dapat kita bahas bersama setelah postingan ini.
2.  Komputer hidup namun blank (tidak ada tampilan dalam monitor),dengan ditandainya bunyi beep,nah apa lagi bunyi beep itu?,merupakan pesan kesalahan yang dikeluarkan oleh BIOS dalam proses POST,untuk lebih jelasnya nanti dapat kita bahas setelah ini.

Jika kondisi belum terlalu parah
1.   Sering  terjadi restart atau shutdown  yang terjadi tanpa dikehendaki.
2.   Kinerja Komputer menjadi sangat lambat apalagi jika untuk digunakan mengcopy file.
3.  Komputer kadang mengeluarkan pesan BSOD namun dapat dihidupkan kembali dengan normal,namun keadaan seperti ini sering terjadi pada keadaan tertentu.

Langkah Penanganan:
1.  Pemeriksaan keadaan RAM dengan menggunakan tools bawaan windows yaitu “Windows Memory Diagnostic”,dimana tools ini berfungsi untukmemeriksa keadaan RAM yang terpasang.Langkah ini dapat dilakukan dengan  menekan tombol F8 sebelum memasuki booting windows setelah muncul menu untuk safe mode tekan tombol escape untuk memasuki Windows Memory Diagnostic.
2. Melakukan Pembersihan pada chip RAM yang terhubung pada slot RAM dengan Motherboard.Untuk pembersihan dapat dilakukan dengan cara Membersihkannya dengan karet penghapus yang bersih dengan melakukan penggesekan dengan satu arah.
3. Melakukan cross check dengan menukar memory RAM pada Komputer lain jika ada.Sehingga dapat memperkuat analisa kerusakan yang ada.

Jika langkah diatas telah dilakukan diagnose dan pemeriksaan dari berbagai langkah,maka dapat kita amati apakah memang sector memory RAM yang bermasalah atau hanya mungkin kotor debu yang terjadi pada chip RAM,sehingga terjadi gangguanpada sector Memory RAM itu sendiri.Dan jika masalah bukan pada RAM maka dapat dilakukan troubleshhoting lebih lanjut pada point nomor dua untuk dari postingan Tutorial Mengatasi Komputer yang sering restart atau Shutdown sendiri.Dan untuk pengertian BIOS dan BSOD,kembali kita bahas pada postingan selanjutnya.

Oke setelah panjang lebar menulis tutorial dari point pertama troubleshooting,saya ucapkan terimakasih dan selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan yang membahas tentang BSOD dan BIOS.

Waallaikumussalam Wr.Wb



Artikel Terkait

Posted On : Minggu, 02 April 2017Time : April 02, 2017
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Tutorial Online | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]