Kinerja Router Pada Jaringan Lengkap

Author : UnknownTidak ada komentar

Kinerja Router Pada Jaringan Lengkap




Hai sobat blogger,
Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Pengertian Router secara jelas.
Kali ini saya akan membahas Kinerja router pada jaringan yang ditempatinya.
Pada dasarnya fungsi utama router adalah menggabungkan atau sebagai jembatan untuk menyambungkan kedua jaringan yang berbeda agar dapat saling terhubung satu dengan yang lain. contoh menggabungkan kedua Hub/Switch agar dapat saling terhubung.

Router diciptakan karena masalah tersebut, dan menjadikan jaringan berbeda dapat bersatu. dan dengan seiring berkembangnya zaman maka router sudah di desain dengan bagus baik penampilan da fungsi. dengan menggunakan user dan blokir website. jadi anda tidak usah repot repot membuat DNS untuk memblokir dan mensetting satu persatu pada client.
Selain itu ada pula OS Router yang dapat dikendalikan melalui konsole dari jaringan yang sangat jauh sekalipun contoh anda sedang bekerja namun pelanggan anda dirumah komplain bahwa internet macet maka anda dapat memeriksanya dengan menggunakan Handphone maupun laptop di tempat anda kerja tersebut. asalkan router tersambung dengan Internet dengan menggunakan IP Public yang dapat anda akses dimana saja.


Adapun kinerja Router adalah sebagai berikut :

Router berkeja mengarahkan arus lalu lintas data pada jaringan yang berbeda maupun dalam satu jaringan, Apabila anda ingin berbagi data dengan device satu jaringan maka data akan mengarah ke Host lalu kembali kenuju ke device yang satu jaringan dituju tersebut. namun apabila anda ingin mengarahkan jaringan dari jaringan A ke B maka dari A ke host lalu Router akan membuka jalan menuju Jaringan B melalui Gateway dan disampaikan lah data tersebut.


Contoh Gambar :


Koneksi Satu Jaringan = Jika Komputer 1 mau mengirim data ke Komputer 3 yang satu jaringan dengan Komputer 1 maka, dari komputer 1 akan mengirim data dan meminta bahwa data mau dikirim ke Komputer 3 maka menuju ke Hub/Switch lalu Hub/Switch kiri akan mencari Komputer 3 apakah ada dalam daftar di dalam Hub/Switch tersebut dalam kondisi ini Komputer 3 ada dalam Hub/Switch kiri maka, Hub/Switch kemudian mengirim data langsung ke Komputer 3 dan mereka akan saling balas membalas paket data sesuai jalur yang dilalu sebelumnya.

Ringkasan = Komputer 1 - Hub/Switch kiri - Komputer 3 (Bolak-balik terus menerus sampai selesai/salah satu memutus hubungan)


Koneksi Berbeda Jaringan = Jika Komputer 1 akan mengirim ke Komputer 6 yang berbeda jaringan maka, dari Komputer 1 akan mengirim data ke Hub/Sqitch kiri dan Hub/Switch mencari apakah ada Komputer 6 di jaringannya dalam kondisi ini Komputer 6 berbeda jaringan jadi Hub/Switch meneruskan dan menyerahkan ke Router maka koneksi akan mesuk ke eth0 kemudian Router mencari kesemua jaringan yang berbeda dan tersambung kepadanya (dalam kondisi in hanya memiliki eth1 yang berbeda jaringan) maka eth1 menjawab bahwa Hub/Switch yang terhubung ke eth1 memiliki data yang diinginkan dari permintaan tersebut maka dari eth0 membawa ke eth1 dengan melalui gateway yang sebelumnya sudah diatur pada Router mempunyai 1 gateway untuk menghubungkan 2 ethernet atau lebih dari jaringan berbeda. diubah dari jaringan eth0 maka sampai di eth1 menjadi bentuk jaringan eth1 kemudian masuk sampai Hub/Switch Kanan dan langsung terkirim ke Komputer 6 seperti yang di minta sebelumnya dari router.

Ringkasan = Komputer 1 - Hub/Switch Kiri - Eth0 - Gateway Router - Eth1 - Hub/Switch Kanan - Komputer 6 (Bolak-balik terus menerus sampai selesai/salah satu memutus hubungan)



Maka kinerja ping pada komputer adalah untuk memanggil jaringan yang dituju melalui sebuah jaringan.

jadi, apabila anda ping namun ditemukan host unreachable maka anda tidak terhubung dengan host baik itu host Hub/Switch atau Host Router yang tugas Host adalah mencari permintaan para client.
maka dapat dipastikan anda tidak.
Namun apabila anda ping dan mengemukakan Request time out apabila anda meminta satu jaringan maka dapat dipastikan IP/komputer yang anda tuju tidak terhubung dengan baik pada jaringan anda.
Dan apabila berbeda jaringan dapat dipastikan ethernet salah konfigurasi atau komputer yang dituju tidak terpasang dengan baik.
apabila anda ping ke luar jaringan melalui internet harap pastikan anda host dan yang anda tuju adalah client Contoh : VPN dengan Komputer public, Komputer dengan DNS, Karena Jaringan local tidaklah dibutuhkan dalam berinteraksi dengan Jaringan Global.





Mungkin sekian yang dapat saya dampaikan dalam pembahasan Kinerja Router Pada Jaringan.
Semoga dengan artikel saya diatas dapat membantu anda dalam menambah wawasan anda terhadap komponen Router yang memang sangatlah berguna di masa sekarang.
Sekian dan Terimakasih.

Artikel Terkait

Posted On : Jumat, 04 Agustus 2017Time : Agustus 04, 2017
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Tutorial Online | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]