Pengertian Dan Jenis Router Lengkap

Author : UnknownTidak ada komentar

Pengertian Dan Jenis Router Lengkap

Hai sobat.
Siapakah diantara kalian yang tidak mengetahui alat yang satu ini ?
Ini merupakan alat hardware jaringan. yang sering dipakai untuk menyatukan dua jaringan yang berbeda. dan alat ini juga sangat berfungsi memperbanyak IP didalam jaringan dengan membuat beberapa jaringan lokal.
hardware ini juga berguna untuk mengatur jaringan agar data yang dikirim dapat sampai ke device yang lain. selain itu Router dapat berguna sebagai Wifi apabila anda membeli yang ada fitur Wlan nya. dan pengiriman itu memasuki 3 elemen Layer yaitu Network.

Berdasarkan Jenisnya :

Secara umum Router terbagi menjadi dua jenis Router
Router Statis adalah Router yang kinerjanya diatur secara Statik pada tabelnya dan membuat jaringan secara Statik
Router Dynamik adalah Router yang dalam kinerjanya diatur oleh administrator secara otomatis dan biasanya juga membantu kinerja Router yang digandengnya. type ini dapat membuat banyak jaringan apabila saling membantu.

Adapun Router yang ada didunia ini adalah :


1. Operating System Router

untuk Router yang satu ini sudah terbilang sudah cukup lengka fiturnya diantara lain adalah system login dengan user management, Limit Bandwidth, Mati otomatis saat jam tertentu, Blokir situs atau file yang dilarang dan masih banyak yang lainnya. untuk Router ini masih di pegang Mikrotik/Cisco


2. Hardware Router

Hardware router merupakan alat utama yang biasa digunakan dalam jaringan Router, adapun merk yang banyak beredar dipasaran adalah : Huawei, Prolink, TP-Link, D-Link, Cisco Dan Mikrotik.


3. Aplikasi Router Tool

ini adalah cara routing menggunakan software, dan biasanya ini digunakan pada hostpot ke semua device pada laptop. banyak sekali di google tentang aplikasi ini yang beredar.



Adapun cara dari kinerja dalam jaringan apabila berkomunikasi, maka dari client 1 akan ping ke client 2 yang satu jaringan maka harus melalui host pada perangkat router tersebut. apabila tidak maka tidak akan terjadi sambungan.

dan apabila IP client 1 akan ping pada jaringan IP 99 yang berbeda jaringan tetapi dalam penerapan jaringan menggunakan router maka IP 1 akan mengirim data lewat router kemudian Router akan menyampaikan kepada IP 99 yang berbeda jaringan tersebut.





Demikian yang dapat saya sampaikan,
Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang Router baik anda belajar ataupun ingin membuat jaringan tersebut dirumah maupun di dalam pekerjaan IT anda.
Sekian dan Terimakasih.

Artikel Terkait

Posted On : Jumat, 04 Agustus 2017Time : Agustus 04, 2017
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Tutorial Online | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]